“Manohara”-nya Burung: Sempur Hujan Sungai (Cymbirhynchus macrorhynchos)

6 06 2010

Burung ini merupakan salah satu burung tercantik yang didapatkan selama penelitian di lokasi Kebun Tanaman Obat Farmasi dan Arboretum, Kebun Raya Universitas Andalas. Saking cantiknya, bisa dibilang ini adalah “Manoharanya” burung (Janra, pers. comm.). Burung ini mempunyai bulu yang menarik, bagian tunggir dan penutup ekor atas berwarna merah, punggung dan sayap berwarna hitam legam dengan garis putih mencolok pada sayap, bagian leher berwarna merah maroon, tubuh bagian bawah berwarna merah juga, iris mata berwarna hijau (pake contact lens kali ya…..:) dan paruh terdiri dari dua warna, paruh atas berwarna biru muda sedangkan paruh bawah berwarna orange (kaya’ warna ice cream gitu deh). So…buat adek2 yang belum tau mau penelitian apa, mungkin dengan melihat si “Manohara” ini jadi tertarik penelitian burung…..asyiiiik lo…:)
By: Syifa, 2010.

About these ads

Aksi

Information

5 tanggapan

7 06 2010
HENDRA SYAWIR

Selamat dan sukses buat pencetus blog ZOZOUNAND ini, moga ini nantinya bisa menjadi literatur bagi para peneliti selanjutnya sehingga memperkaya informasi tentang aneka ragam hewan, terutama yang ada di SUMATERA BARAT.
Tanya moderator: apakah sempur sungai hujan ini masih banyak di jumpai di Sumatera Barat, tx

7 06 2010
M. Nazri Janra

Terima kasih atas komennya, Kakanda… Mungkin mewakili moderator dan penulis artikel yang dimaksud, Burung Cymbirynchus macrorynchos ini, bersama-sama dengan Eurylaimus ochromalus termasuk jenis yang ada, walaupun tidak dalam jumlah yang melimpah di berbagai kawasan di Sumatera, khususnya Sumatera Barat. Bisa ditemui sampai ke ketinggian lebih dari 1000 m dpl. Kami sendiri juga kaget waktu mendapatkannya di kawasan Kebun Tanaman Obat Farmasi yang memang sudah sangat berubah dari lingkungan asli berupa hutan primer menjadi “kebun”, karena biasanya jenis ini ditemukan agak sedikit ke dalam hutannya. Biasanya lebih sering terdengar suaranya dibandingkan dengan burungnya sendiri…

28 06 2011
dayan

skrg burung manohara nya dmn syifa???

11 10 2012
canon

makan apa ya burungnya tuch ?

6 05 2013
radzi abdullah

burung ini makannya apa ye..saye pernah jumpa burung ini di malaysia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: