Apakah Semut Mengalami Macet?

6 06 2010

Ketika biologiwan/wati sekalian pergi ke pasar raya jam 08.00 WIB,  maka anda akan terjebak macet di beberapa tempat. Apakah yang menyebabkan macet ini?, apakah karena jumlah kendaraan yang banyak?, atau lebar jalan yang kecil?, atau karena lampu lalu lintas yang rusak? Dan kenapa semut tidak memerlukan lampu lalu lintas dalam kehidupannya? Apakah semut tidak pernah macet?.

Banyak pertanyaan yang harus dijawab, mari kita bahas satu-persatu. Kenapa terjadi kemacetan?, faktor utama terjadinya kemacetan adalah tidak teraturnya suatu jalur untuk kendaraan dan tidak teraturnya kendaraan itu sendiri. Manusia membangun jalan-jalan alternatif, jalan tol dan jalan layang untuk menghindari terjadinya kemacetan. Akan tetapi masih terjadi kemacetan di jalan-jalan tersebut.

Jika kita melihat semut yang berbaris di dinding, terlihat sangat teratur dan tertib tanpa ada yang saling mendahului. Semut berbaris dengan tertib, tak ada yang protes, tak ada yang marah sambil membunyikan klaksonnya. Untuk jalan tolnya, semut membangunnya dengan menggunakan pheromon yang disekresikan dari tubuhnya. Sehingga semut tinggal mengikuti pheromon tersebut. Jalan pheromon ini bisa bertahan selama seminggu atau berbulan-bulan.

John et al (2009) melakukan penelitian terhadap semut Leptogenys processionalis, tentang bagaimana semut ini membuat jalur  dan perilaku semut tersebut. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa semut Leptogenys processionalis selalu berjalan pada jalan pheromon yang dibuatnya. Semut ini berjalan dengan kecepatan sama. Penyebab kemacetan lainnya di jalan raya adalah kecepatan antar kendaraan yang berbeda-beda. Sedangkan semut memiliki kecepatan yang rata-rata sama, sehingga semut terhindar dari kemacetan jalan raya dan semut tidak perlu menggunakan rambu lalu lintas dalam koloninya.

Semut membuat jalan-jalan dari dan menuju sarangnya, hal ini dilakukan demi kelansungan hidup koloninya. Semut menggunakan jalan-jalan ini untuk mencari makanan dan kemudian diangkut ke sarang. Jadi, untuk semut sistem transport yang efektif sangat berguna untuk koloninya (Antboy).


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: