Hama pada Rumah Tangga

6 06 2010

SERI : SISI  NEGATIF SEMUT

S

emut merupakan salah satu serangga sosial yang sering dijumpai pada berbagai area, seperti; di hutan, di rumah, di kebun dan pada semua kawasan terrestrial. Dari semua peranan semut terhadap manusia, terdapat beberapa peranan yang menimbulkan kerugian bagi manusia itu sendiri. Sehingga dalam hal ini semut dikategorikan sebagai serangga hama. Kerugian-kerugian yang ditimbulkan oleh semut hama diantaranya; kontaminasi pada makanan, kontaminasi pada peralatan steril di laboratorium, digigit semut, disengat semut, alergi dan sebagai vektor penyakit.Semut bisa mengkontaminasi makanan dan peralatan steril di laboratorium, karena semut berasosiasi dengan beberapa jenis mikroba. Mikroba inilah yang akan mengkontaminasi makanan dan peralatan tersebut. Semut juga berasosiasi dengan mikroba yang bersifat pathogenic, sehingga semut juga merupakan vektor dari suatu penyakit. Beberapa famili dari fungi pathogenic yang berasosiasi dengan semut diantaranya; Clavipitaceae, Hypomycetales dan Laboulbeniales. Sedangkan Bakteri yang diisolasi dari semut yang ditemukan oleh Lee (2002) terdiri dari bakteri gram negative, coccii, bacilli, Pseudomonas, Vibrio dan coccibacili merupakan bakteri yang bersifat pathogenic.

Di Australia terdapat suatu penyakit unik yang disebabkan oleh semut penyakit ini dinamakan “jack jumping ant alergy”. Penyakit ini merupakan suatu reaksi yang ditimbulkan dari sengatan semut genus Myrmecia. Biasanya penyakit ini menyerang manusia yang memiliki kulit yang sensitif setelah disengat oleh semut Myrmecia . Reaksi alergi ini dikenal dengan anaphylaxis atau disebut juga ”Death alergy”, reaksi ini disebabkan oleh makanan dan sengatan oleh serangga.

Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah urticaria (hives), eritema (kemerahan menyeluruh), eruritus (gatal yang luas) tanpa rash, angioedema (swelling), edema laring, asma, rinitis, konjungtivitis, gatal palatum dan saluran meatikus akustikus eksterna, mual , muntah, nyeri perut, palpitasi, dada berdebar, pingsan, dan gangguan kesadaran. Akan tetapi penderita penyakit ini adalah orang-orang yang sudah menderita alergi sejak kecil.

Beberapa faktor yang menyebabkan semut datang dan bersarang di rumah; kebersihan rumah, bahan makanan yang sudah busuk atau berserakan, ketidakteraturan perabot rumah tangga, penyimpanan makanan yang kurang baik, dan lain sebagainya. Yang terpenting dari faktor yang menyebabkan datang dan bersarangnya semut di rumah adalah kepedulian pemilik rumah terhadap rumah yang ditempatinya. Jika kepeduliannya tinggi, maka resiko dari datang dan bersarangnya semut di rumah akan bisa dikurangi (Antboy/2010).

KEEP YOUR HOUSE CLEAN AND DON’T USE DRUGS!


Aksi

Information

One response

13 06 2010
willy kid

Salut buat adik-adik saya yang sekarang jauh lebih maju…

Setelah saya teliti lagi, perlu dipeermak sedikit aja seperti masih kurang link nya, juga visitor counternya. Link nya bisa tambahkan dari situs2 yang banyak menyediakan bahan2 tentang biologi. Saya kasih contoh; nap.edu. Di link tersebut banyak tersedia e-book terkait biologi. Counter untuk melihat seberapa banyak pengunjung yang masuk. sekali lagi salut diks

Oiya, mohon perhatikan banner-nya, di photosop sedikit biar lebih oke. Lagian panda kn bukan concern Indonesia. Muat yang khusus Indonesia seperti Rafflesia, Kuau, Tanuak n dll kayanya bakal bikin lebih manis deh. Selamat dan be better… and better

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: