The Amazing of Herpetofauna in HPPB Unand

6 06 2010

Apa itu herpetofauna ? Mungkin belum banyak yang tau, herpet berarti melata sedangkan fauna berarti hewan, jadi herpetofauna adalah hewan yg melata. Penelitian tentang herpetofauna (khususnya taksonomi) belum banyak dilakukan di HPPB (Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi) Universitas Andalas, akhir-akhir ini didapatkan beberapa herpetofauna menarik dikawasan ini. Didapat 2 jenis ular endemik yaitu Opisthotrophis rugosus (ular air) dimana ular ini merupakan satu-satunya holotype dari Sumatera yg dibawa orang Belanda 120 tahun yang silam ke salah satu museum di Eropa dan ditemukan keanehan pada morfologi (bentuk tubuh luar) yang dapat menjadi indikasi jenis baru (Gernot Vogel,2009).

Sedangkan jenis kedua adalah ular semi fossorial (hidup pada lubang atau relung) yang endemik (hanya ada) pada 3 tempat yaitu Sumbar, Pulau Nias dan Kepulauan Mentawai. Nama ular ini adalah Pseudorabdions eiselti. Ular ini mengeluarkan bau semut dan menurut literatur (panduan) ular ini memakan semut.

Nah itu baru ular…….

Belum yang lain………ada juga katak bertanduk yang sempat menggemparkan dunia orang awam (selain Biologist)

Hingga saat ini telah ada beberapa orang herpetologist baru di Biologi FMIPA Unand yang mencoba meneliti di kawasan kampus termasuk HPPB.Kura-kura,katak,kadal dan banyak lagi yang perlu dikaji……

Jadi jika mendengar herpetologi jangan langsung membayangkan ular, karena masih ada hewan lainnya. Sedikit mengenai ular, dari 140an ular di Sumatera hanya 17 jenis yang berbisa itupun tersebar di 3 tipe ketinggian. So don’t judge snake by the name.

Di HPPB telah didapat 23 jenis katak, ternyata jenis ini bisa dibilang lebih banyak dibandingkan hutan lindung lainnya di Sumbar serta didapat dua jenis katak yang endemik (hanya ada disuatu tempat) yaitu Huia sumatrana dan Rana siberu (Deddy J Sulasta,2008). Untuk kadal pohon yang mirip dengan iguana (Agamidae) belum banyak diteliti khususnya pada bidang taksonomi di Sumatera (Gernot Vogel,2009).

Written By

FACHRUL REZA

gm_theviper@yahoo.co.id


Aksi

Information

One response

3 09 2013
www.mediabit.perugia.it

So the overall price is really going to depend on the
choices you make. It is recommended that you buy one from trusted website.

Most companies don’t, however it’s best to start your
company with as minimal costs as possible.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: