Seri: Sisi Positif Semut -Semut sebagai Bioindikator

9 06 2010

Spesies indikator merupakan suatu spesies yang sangat peka terhadap perubahan yang terjadi pada lingkungannya. Apabila lingkungan tempat tinggalnya terganggu, maka spesies indikator akan memperlihatkan gejala terpengaruh terhadap perubahan yang terjadi. Pada saat sekarang ini penggunaan bioindikator dirasakan sangat penting, karena dengan adanya bioindikator kita bisa melihat pengaruh antara faktor biotik dan abiotik yang terjadi pada lingkungan, baik yang disebabkan oleh aktifitas manusia atau oleh alam sendiri (bencana alam).

Salah satu hewan yang dijadikan sebagai bioindikator, diantaranya adalah semut. Ada beberapa jenis semut yang bisa dijadikan sebagai spesies indikator. Pada artikel ini hanya dibahas tentang semut dari genus Odontoponera. Dua spesies dari genus Odontoponera yang dilaporkan terdapat di Asia tenggara, yaitu Odontoponera denticulata dan Odontoponera transversa. Kedua spesies ini dijadikan sebagai bioindikator, karena keduanya memiliki kemampuan adaptasi dan kebiasaan yang berbeda. Semut Odontoponera denticulata hanya ditemukan pada habitat yang telah terganggu (disturbed area) atau area tempat aktivitas manusia seperti; pekarangan rumah, kebun, sawah dan sebagainya. Sedangkan semut Odontoponera transversa hanya ditemukan pada kawasan hutan yang masih bagus. Dalam hutan sekunder maupun hutan primer kita bisa menemukan spesies ini.

Jadi, semut Odontoponera transversa mencerminkan atau menunjukkan bahwa habitat dimana semut ini ditemukan masih bagus dan belum terganggu. Begitu juga sebaliknya, semut Odontoponera denticulata menunjukkan bahwa habitatnya sudah terganggu dan terdapat aktivitas manusia pada kawasan tersebut. ]Jika masih penasaran tentang hal ini silahkan amati daerah di sekitar kita, carilah semut ini!!! Apabila rasa penasaran masih berlanjut segera hubungi ahli semut terdekat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! antboy@201


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: