The Revenge to the Ants (Part I)

29 06 2010

Setelah dua kali terbitan kemaren disuguhi tentang “semut menyemut”, saya jadi rada-rada gusar juga. Soalnya, sebagai penggemar sesuatu yang berukuran “XL”, melihat yang kecil-kecil secara terus menerus jadi “BeTe” juga. Sebagai wujud rasa ke-BeTe-an yang terus mengejawantah menjadi dendam, lahirlah tulisan “The revenge to the Ants” ini. Sebagai orang yang berbakat menjadi aktor di belakang layar, saya perlu beberapa boneka untuk diperalat melakukan dendam saya ini. Inilah mereka:

Burung pelatuk (family Picidae). Mereka umumnya menggunakan semut untuk melindungi bulu-bulu mereka dari serangan serangga hama. Semut mengandung asam format yang menjadi momok bagi banyak serangga lain. Burung pelatuk menggunakan zat ini dengan mengoleskannya secara rutin ke bulu-bulu mereka. Anda yang bermasalah dengan kutu-kutuan atau serangga lain mungkin sebaiknya juga mulai melakukan terapi ini. Ingat, jika masalah berlanjut, jangan hubungi saya!!

Manis javanica (family: Manidae, ordo: Pholidota) atau tenggiling. Hewan yang dalam bahasa Inggris disebut Malayan Pangolin ini mempunyai keistimewaan berupa sisik tubuh yang mirip dengan hewan reptil dan mampu melindungi tubuhnya dari serangan hewan predator. Hewan ini menurut Redlist IUCN berada dalam status mendekati terancam (Near Threatened-NT). Hubungan dengan semut? Ternyata para semut, plus rayap adalah salah satu bagian dari diet harian mereka.

Anteater, Myrmecophaga tridactyla (family: Myrmecophagidae, ordo: Pilosa) merupakan kelompok hewan asal Amerika Selatan, yang dari namanya tak perlu lagi diragukan apa jenis makanannya. Hewan ini menggunakan cakar kaki depannya yang kuat untuk melubangi sarang semut dan kemudian memasukan lidahnya yang berukuran lebih dari setengah meter dan dilengkapi cairan lengket untuk menangkap semut-semut yang panik akibat kena serangan tersebut. Hewan ini terlihat cukup aneh dengan bentuk dan gerak geriknya yang lamban dan terkesan “cuekan”. Tapi jangan salah, cakar depannya yang kuat dikenal mampu membunuh seekor macan tutul!!!

Echidna atau landak semut (Tachyglossus aculeatus; fam: Tachyglossidae; ordo: Monotremata). Hanya ada di New Guinea dan Australia, hewan mamalia unik ini sekelompok dengan Platypus, yang berarti mereka mempunyai kloaka, berbiak dengan bertelur dan memelihara anaknya di dalam kantong. Moncongnya yang panjang digunakan untuk “menyudu” liang-liang tanah mencari semut dan rayap kesukaannya. Watch out, ants!!!

Chlamyphorus truncatus aka Pink Fairy Armadillo alias….. Halah, gak ketemu padanan Indonesianya..!! Tapi hewan kecil aneh pemakan semut ini benar-benar sangat beda dengan hewan lain. Mempunyai kemampuan untuk segera membenamkan diri ke dalam tanah jika merasa terancam. Karena banyak yang tertarik mengoleksinya menjadikannya sebagai salah satu hewan yang terancam.

Semut, dendam ini belum tuntas…!! Tunggu edisi berikutnya…!!! I’ll be back……!!!!

Mr. M

Sumber foto: tenggiling: http://animaldiversity.ummz.umich.edu/site/accounts/pictures/Manis_javanica.html. Anteater: http://www.maiaw.com/anteater/ Echidna dan Pink Fairy Armadillo: http://www.sharenator.org


Aksi

Information

One response

27 05 2013
argan

It works to mitigate the drying and physiological aging of the skin
(anti-wrinkle properties) by restoring the hydrolipidic film and
by increasing nutritive contributions at the cellular level.
Some people might think you would be crazy to use an oil on oily skin to fight any signs of acne, however Argan oil is a
nut oil and very light on the skin so much so that you will help your condition become
much better than it already it. There is a stiff shell nut between
the fruit which is about one fourth of the flesh yield weight.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: