Zozo Most Wanted: Rhacophorus barisani

29 06 2010

Hewan yang sekarang kami promosikan sebagai species of the week adalah sejenis katak pohon yang termasuk ke dalam keluarga besar Rhacophoridae: Rhacophorus barisani Harvey, Pemberton and Smith, 2002. Katak pohon ini masih baru dikenal dalam dunia taksonomi, dibuktikan lebih lanjut dengan statusnya yang masih Data Deficient (DD) dalam Daftar Merah IUCN (IUCN Redlist). Katak pohon ini dideskripsikan pertama kali pada tahun 2002, merupakan jenis amphibia yang hanya bisa ditemukan di Indonesia (endemik) dan lebih khususnya lagi, spesimen yang pertama kali dideskripsikan untuk mendapatkan status jenisnya di dalam taksonomi berasal dari Bukit Kaba, Bengkulu, Sumatera. Habitat alaminya adalah pada hutan tropis yang lembab di pegunungan, kawasan sungai dan rawa-rawa air tawar.Tim ekspedisi Ecology and Diversity of Montane Avian in West Sumatra yang melakukan inventarisasi jenis burung di kenagarian Balingka, Kabupaten Agam yang terletak di pinggang Gunung Singgalang pada Oktober lalu menemukan populasi jenis katak pohon ini dalam jumlah yang cukup banyak. Menempati range habitat yang berkisar dari vegetasi hutan, semak-semak di pinggir sungai sampai ke kawasan perladangan penduduk. Jenis ini dapat dengan mudah dikenali dari tubuhnya yang berwarna hijau kekuningan “kulenyer” alias seperti jelly, dengan kesan hampir transparan dan nyaris menampakan organ-organ tubuh dalamnya. Tubuh secara merata ditutupi oleh bintih-bintik hijau yang lebih gelap. Puncak moncong biasanya lebih gelap. Selaput (web) pada kaki belakang berwarna merah. Terdapat flap atau lipatan kulit pada tarsus.

Belum ada deskripsi tentang bunyi serta perbiakan dari jenis ini. Yang jelas, dari pengalaman penemuan jenis ini di Gunung Singgalang, menunjukkan bahwa mereka hidup pada habitat yang berpotongan dengan habitat dari katak pohon jenis lain. Tentunya ini akan menjadi nilai plus bagi yang berminat untuk khusus meneliti jenis katak pohon ini atau meneliti amphibia secara umum.

Ancaman yang masih meliputi spesies ini hampir sama dengan ancaman untuk berbagai hewan lain: berkurangnya habitat akibat tindakan manusia. Jadi: SEGERALAH TELITI DIA….!!!

Mr. M (Dari berbagai sumber)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: